Cara Merawat Gigi Kucing
Sakit gigi pada kucing biasa disebabkan oleh dua faktor, yakni kuliner dan usia. Gejala yang timbul pada kucing yang menderita sakit gigi adalah bacin lisan tidak sedap, luka pada gusi, terdapat karang gigi, produksi air liur berlebihan, dan kucing sering menggaruk area mulutnya. Bila tidak segera ditangani dengan benar, sakit gigi pada kucing mampu menjadikan nanah yang mampu menjalar ke seluruh tubuh. Namun jangan khawatir, banyak sekali gangguan dan penyakit gigi tersebut mampu dicegah dengan menghentikan pembentukan plak atau karang gigi pada kucing.

Membersihkan gigi kucing memang perlu sedikit perjuangan lantaran mereka merasa risih ketika kita menjamah area dalam mulutnya. Meskipun begitu, tetap usahakan untuk membersihkan gigi kucing setiap hari atau setidaknya dua kali seminggu. Di luar kebutuhan obat-obatan, cara merawat kucing bantu-membantu gampang dan mampu kau lakukan sendiri di rumah. Peralatan yang diperlukan pun sederhana.

Yang kau perlukan:

Kasa steril atau sikat gigi lembut khusus kucing

Pasta gigi khusus kucing

Cara membersihkan gigi kucing:

1. Menyikat gigi

Keluarkan pasta gigi ke sikat gigi atau kasa steril yang dililitkan ke jari telunjuk secukupnya. Gosok perlahan dengan gerakan memutar. Pastikan kau menggosoknya sempurna di gigi kucing dan tidak melenceng ke gusinya. Sebagai permulaan, mulai dengan satu atau dua gigi terlebih dulu. Sesi selanjutnya, gres tingkatkan jumlah gigi yang dibersihkan. Begitu seterusnya kucingmu semakin terbiasa dengan rutinitas tersebut.

2. Beri kuliner yang tidak merusak gigi

Makanan kering dikenal mampu membantu menjaga kebersihan gigi kucing. Sebab, dikala kucing mengunyah, potongan-potongan kecil kuliner kering tersebut beradu dengan gigi sedang menyikat gigi. Dengan begitu, plak-plak membandel yang melekat pada gigi kucingmu ikut terangkat. Cara merawat kucing yang hemat, mudah, dan tidak perlu banyak perjuangan bukan?

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

3. Konsultasikan dengan dokter hewan

Jika kau sudah kehabisan logika lantaran kucingmu selalu menolak dikala giginya akan dibersihkan, tak ada salahnya meminta pemberian tenaga profesional. Bawa saja kucingmu ke ke dokter hewan. Minta agenda khusus untuk membersihkan area-area spesifik yang tidak mampu kau kerjakan sendiri. Paling tidak, kucingmu harus dibersihkan secara menyeluruh setahun sekali.

Jika dilakukan dengan benar dan rutin, pasti kesehatan lisan dan gigi kucing-kucingmu akan terjaga dan terhindar dari penyakit berbahaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here