Kenali Waktu Tepat Menyapih dan Memberi Makanan Lain Untuk Anak Kucing
Selamat tiba bagi anggota keluarga gres Anda, kehadiran anak kucing yang gres lahir di rumah atau sebab dengan cara adopsi akan memberi nuansa gres dan menyenangkan.

Pemilik kucing pemula sehabis mendapatkan anak kucing menjadi anggota keluarganya, isu dasar cara merawat binatang peliharaan menjadi sangat penting untuk diketahui. Mulai dari cara perawatan, melatih dan memberi masakan bagi anak kucing, mereka berpeluang sehat dan tumbuh dengan perilaku baik sehabis dewasa.

Menyapih anak kucing menjadi momen penting pemilik binatang peliharaan. Proses ini sering menjadi masa transisi anak kucing mendapatkan asupan ASI dari induk menjadi konsumsi masakan khusus kucing.

Pemilik anak kucing yang berniat menyapih anak kucing dengan masakan lain, perlu mempertimbangkan waktu yang sempurna dan cara yang benar.

Anak kucing yang masih dalam pengawasan induk kucing, secara alami akan mendapat penyapihan secara natural. Namun beberapa kondisi tertentu mirip induk kucing tak bisa lagi menghasilkan susu atau anak kucing tersebut diadopsi dari orang lain sebab banyak sekali alasan, pemilik gres perlu membantu anak kucing tersebut.

Proses Penyapihan Anak Kucing

Proses penyapihan yang disarankan bagi anak kucing dihentikan sembarangan. Anak kucing yang masih mempunyai induk, masih membutuhkan ASI pada waktu 12 sampai 24 jam kehidupan pertama mereka. Kandungan ASI induk kucing pertama (kolostrum) mempunyai zat penting yang dibutuhkan anak kucing untuk membentuk antibodi yang diproduksi khusus untuk anak kucing.

Jika induk kucing yang melahirkan anak kucing dalam jumlah banyak sehingga menyulitkan induk kucing menghasilkan susu yang cukup, maka setiap anak kucing perlu mendapatkan sebagian susu biar terserap dalam badan mereka.

Pemilik anak kucing yang memperoleh mereka dengan cara adopsi, contohnya menemukan anak kucing terlantar, beberapa solusi yang bisa Anda gunakan ialah susu formula dengan botol yang sesuai.

Cara Memberi Susu Formula Untuk Anak Kucing

Pemenuhan nutrisi anak kucing sangat penting diberikan. Anak kucing berada dalam situasi darurat kekurangan nutrisi, sanggup menggunakan cangkir susu yang ditambahkan kuning telur, setetes multivitamin cair dan tiga tums yang diblender. Pemberian ini bersifat sementara dan nutrisi selanjutnya untuk anak kucing ialah susu formula.

Cara memenuhi nutrisi ke anak kucing mungkin sanggup berbeda sehingga Anda perlu menanyakan ke dokter binatang untuk mendapat saran yang paling tepat.

BACA JUGA:  Rumah Kucing / Kandang Kucing untuk kucing Kesayangan anda

Secara umum, susu formula yang direkomendasikan dokter binatang akan diberikan sekitar tiga sampai empat minggu.

Susu formula yang akan diberikan ke anak kucing, perlu dihangatkan dan cicip terlebih dahulu untuk memastikan suhu susu formula tidak membahayakan. Susu formula jenis debu untuk anak kucing disarankan tidak berada dalam penyimpanan freezer.

Waktu santunan susu formula ke anak kucing dilakukan sedikit demi sedikit dengan tempo cukup sering, antara dua sampai 3 jam waktu siang hari. Menjelang malam, anak kucing yang lapar akan membangunkan Anda dan tidak disarankan membangunkan mereka ketika sedang tidur.

Kapan Waktu Tepat Menyapih Anak Kucing

Proses penyapihan anak kucing yang sesuai sebaiknya pada usia kisaran empat minggu. Anak kucing yang mempunyai induk, umumnya terus diajarkan induk kucing, sampai saatnya sang induk memisahkan diri dari anak biar mereka mulai berguru mandiri.

Tahapan Menyapih Anak Kucing

Untuk mulai menyapih anak kucing, pemilik binatang peliharaan sanggup campur masakan anak kucing dengan susu formula biar mereka berguru mengenali rasanya dengan manual.

Cara yang cukup gampang yang bisa Anda lakukan, oleskan masakan adonan susu formula di sekitar lisan mereka dengan jari dan biarkan mereka menjilatnya. Setelah proses pengenalan rasa masakan susu formula cock untuk mereka, umumnya anak kucing akan mencarinya.

Tahapan berikutnya ialah memperkenalkan anak kucing dengan daerah khusus mirip mangkuk. Selama santunan masakan tersebut, pemilik anak kucing perlu mengamati mereka untuk mencegah terlalu cepat. Hal lain yang perlu diingat ialah pemilik anak kucing dihentikan mendorong wajah mereka ke dalam mangkuk untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Tahap pengenalan masakan lain ialah ahad keempat dan keenam. Masa sedikit demi sedikit transisi anak kucing menyapih, bertambahnya usia mereka semakin remaja maka proses mencoba masakan kering sanggup dimulai.

Agar menarik selera makan anak kucing, masakan embel-embel lain bisa dicampurkan dengan susu formula bila diperlukan.

Catatan Penting

Saat menyapih anak kucing ke masakan padat, pemilik binatang peliharaan disarankan menggunakan masakan yang diformulasikan khusus anak kucing. Formula masakan anak kucing mempunyai tingkat kalori, protein, dan kalsium yang lebih tinggi dibandingkan masakan kucing dewasa.

Pemenuhan nutrisi mirip kalori, protein dan kalsium untuk anak kucing dibutuhkan sebab mereka sedang bertumbuh.

Beberapa tip lain ketika Anda menyapih anak kucing, jaga kehangatan sangkar dengan melapisi kain dengan permukaan rata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here