Deskripsi dan Taksonomi Kucing
Panggilan untuk kucing mempunyai beberapa sebutan terkenal di tengah masyarakat, mereka dianggap binatang rumahan lantaran gampang ditemukan disekitar lingkungan. Kucing ini biasanya masuk kategori kucing domestik yang berada dalam jenis mamalia karnivora dari keluarga Felidae.

Frasa kucing bagi penyayang binatang peliharaan, sering diartikan sebagai kucing yang jinak dan mempunyai arti yang berbeda dalam komunitas lain. Sebagian anggapan masih merujuk kata tersebut kucing besar yang diantaranya singa dan harimau.

Sejarah Kucing

Sejarah kucing diketahui mempunyai perjalanan panjang dalam hidup manusia. Diperkirakan, kucing sudah ada semenjak 6.000 tahun SM dengan beberapa bukti kerangka kucing yang ditemukan di Pulau Siprus.

Kehadiran kucing di tengah manusia, sering dianggap binatang yang berjasa menjaga pertanian dan perkebunan sampai lumbung padi dari tikus (hewan pengerat). Tidak mengherankan kalau 3.500 SM sudah membantu orang Mesir Kuno menghalau tikus.

Perkembangan dan perubahan kucing secara alami dan modifikasi bawaan dari bibit unggulan kucing jenis lain, binatang peliharaan ini sudah mempunyai banyak ras yang dikembangkan kawasan perawatan resmi.

Populasi kucing ras mirip persia, manx, sphinx dan ras murni lainnya, diperkirakan hanya 1 % dari keseluruhan total kucing seluruh dunia. Kucing adonan dinilai lebih banyak ada ditengah masyarakat.

Miacis sering dianggap nenek moyang pertama kucing yang mempunyai kesamaan mirip musang. Miacin diperkirakan sudah ada sekitar 50 juta tahun pada masa Eosen.

Beberapa garis keturunan yang mengalami evolusi dalam kelompok kucing mirip Panthera, Acinonyx dan Felis.

Deskripsi Kucing Secara Umum

Kucing dikenal binatang berkaki empat mempunyai kelebihan cukup banyak untuk mengikuti keadaan dengan lingkungan. Sebagian besar kucing mempunyai bulu yang seluruh tubuhnya dengan ukuran pendek sampai panjang.

Dari jenis ras kucing dengan bulu di seluruh dunia, beberapa dari mereka ada juga yang tidak mempunyai bulu secara alami. Sebagian kucing tanpa bulu tersebut, selain langka dan tidak gampang ditemukan, adopsi mereka cukup mahal dan butuh perawatan ekstra.

Beberapa ras kucing tanpa bulu mirip Sphynx, Bambino, Dwelf, Elf, Peterbald dan Ukrainian Levkoy.

BACA JUGA:  Mengenal Tingkah Laku Dan Kebiasaan Kucing Yang Lucu

Masa kehidupan awal kucing diperkirakan dari alam liar dan terbentuk modifikasi tertentu sampai sekarang. Dalam lingkungan manusia, kucing sering dijadikan binatang peliharaan sebagai sahabat dan sebagian diikutsertakan dalam kontes pertandingan kucing.

Habitat ras kucing pertama sebagai binatang liar yang berkeliaran di lingkungan manusia. Sebagian masyarakat beranggapan kucing jenis binatang yang mampu berdikari mencukupkan kebutuhan mereka tanpa pinjaman manusia.

Kehadiran kucing liar yang dipandang membawa manfaat bagi masyarakat, menciptakan mereka mulai dijinakan untuk dipelihara dengan metode pendekatan psikologis.

Taksonomi dan Evolusi Kucing

Taksonomi kucing mempunyai kaitan dengan Felidae sebagai familia mamalia pada 15 juta tahun kemudian yang mencakup beberapa golongan mirip singa, harimau dan lainnya. Kelompok yang lebih kecilnya dari keluarga genus Felis terdapat tujuh spesies mirip kucing hutan, kucing pasir Arab dan kucing liar dari Afrika.

Perubahan kucing dengan binatang lainnya mirip anjing, diperkirakan tidak begitu jauh lantaran mereka punya daya tahan khusus untuk hidup di alam bebas.

Sementara kelompok spesies Felidae yang lebih kecil, kemungkinan mulai berubah lantaran proses penjinakan dan seleksi modifikasi insan menghasilkan ras tertentu.

Sifat Alami Kucing

Hewan kucing merupakan jenis predator yang mahir lantaran mampu menghilangkan ribuan spesies kalau tak terkontrol populasinya. Beberapa catatan digital yang pernah terjadi, kucing menjadi binatang predator dengan menyergap dan menangkap buruan mirip singa dan harimau.

Makanan yang banyak dicari kucing berbentuk daging dan tidak mampu dimodifikasi dengan jenis kuliner vegetarian. Hal tersebut dikarenakan tubuhnya tidak mampu memproses dan mengurai asam amino yang dibutuhkan dari tumbuhan.

Itu sebabnya, kucing berbeda dengan binatang lainnya yang mampu mengonsumsi tumbuhan, buah dan akar.

Beberapa sifat kucing lainnya yaitu binatang yang cenderung individu dan penyendiri, pada beberapa pengelompokan tertentu, mereka mampu bahu-membahu membentuk group untuk mempertahankan diri.

Masing-masing kucing secara alami membagi wilayah kekuasaan dengan penandaan khusus dan akan bertengkar dengan kucing aneh yang masuk dalam teritorial.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here