12 Tanda Kucing Peliharaan Keracunan dan Cara Penanganan yang Tepat

Hewan peliharaan mempunyai kecenderungan bergerak bebas kemana beliau suka, pergi masuk ke ruangan satu berpindah ke kawasan lain selama mereka nyaman mengunjungi. Kebiasaan tersebut, mungkin saja menciptakan mereka menjilati materi berbahaya sehingga menjadi Keracunan.

Kucing mungkin saja menjilat zat pembersih lantai di rumah ketika lupa di rapikan pada kawasan seharusnya ada. Jika sudah demikian, pemilik binatang Peliharaan disarankan tidak panik sambil melaksanakan pertolongan pertama sebelum membawa kucing Anda ke dokter hewan.

Jika kucing peliharaan di rumah dalam kondisi baik, isu pertolongan pertama bagi binatang Keracunan ketika Anda sudah mengetahuinya, mampu bermanfaat sebagai antisipasi tindakan pertama untuk menolong mereka.

Dikutip data Pet Poison Helpline mengungkapkan, hampir 10 persen seruan perlindungan lewat telepon yang tercatat berasal dari pemilik hewan, menandakan kucing mengalami Keracunan.

Kebiasaan alamiah binatang kucing membersihkan diri sendiri, mereka bahagia menjilat tubuh atau mantel bulu ketika kotor.

Sebuah problem mulai muncul ketika kucing tak sengaja terkena materi berbahaya di badannya, mereka tanpa sengaja menelan obat yang jatuh tercecer di lantai maupun menjilat materi insektisida.

12 Gejala Kucing Mengalami Keracunan

Makanan yang tidak layak makan untuk kucing atau tanpa disadari menjilat zat beracun bagi dirinya, menciptakan materi yang masuk ke tubuhnya tidak mampu diurai oleh sistem pencernaan. Beberapa tanda ketika kucing peliharaan terdeteksi menjadi aneh, Anda mampu segera mwngenalinya dan memberi pertolongan pertama sebelum pergi ke dokter binatang untuk menerima perawatan lanjutan.

Secara keseluruhan, kucing sedang Keracunan zat asing akan merespon dengan sikap sebagai berikut :
1. Hewan kesulitan bernapas normal
2. Warna gusi atau pengecap mereka menjadi biru
3. Kondisi yang cukup parah mampu menciptakan kucing pingsan
4. Perilaku kucing sering muntah dan pup kotorannya cairan
5. Kucing berusaha mengeluarkan zat asing dengan respon batuk dan bersin tanpa henti
6. Tingkah laris ya terlihat gelisah dan abnormal dari biasanya
7. Kucing sering mengeluarkan air liur dalam jumlah banyak
8. Hewan terkadang kejang dan gemetar, respon lain mampu muncul kedutaan otot
9. Keadaan kucing makin melemah
10. Bentuk pupil Kucing menjadi membesar
11. Saat kucing buang urin, cenderung warna gelap
12. Praktis haus dan buang urin berlebihan dan Tubuhnya tampak demam menggigil.

Pertolongan Pertama pada Kucing Peliharaan

Dari beberapa tanda yang menyertai kucing Keracunan , dimungkinkan meliputi sebagian besar tanda-tanda di atas. Saat Anda melihat kucing peliharaan dinilai Keracunan, segera membawa mereka keluar ruangan yang mendukung sirkulasi udara yang baik dan cari kawasan dengan penerangan yang jelas.

Sebelum memberi pertolongan pertama ke kucing, gunakan pengamanan untuk Anda. Cari kain untuk membungkus lengan jikalau menggunakan kaos atau baju lengan pendek. Atau mampu juga menggunakan sarung tangan.

Penggunaan materi pelindung tersebut mengantisipasi kemungkinan zat berbahaya berpindah, manfaat lainnya menggunakan pelindung tangan ialah mencegah kemungkinan kucing menggigit dan mencakar sebagai respon sakit atau takut.

BACA JUGA:  Pertolongan Pertama Pada Kucing

Kucing yang sakit alasannya ialah Keracunan jikalau tidak Diawasi pemiliknya, mereka mampu lari dan bersembunyi di kawasan sepi alasannya ialah kondisi alamiah.

Perhatian seluruh cuilan ruangan terhadap dari kemungkinan materi berbahaya tersebut apakah masih ada. Dengan memindahkan ke kawasan tersembunyi dari jangkauan binatang lain, mampu mencegah binatang yang lain Keracunan juga.

Proses selanjutnya ialah menghubungi dokter binatang terdekat untuk memastikan agenda praktek masih buka.

Memberi pertolongan pertama untuk kucing Keracunan, Anda harus mencari penyebab utamanya.

Pemberian pertolongan pertama jikalau tak mengetahui masalahnya, mampu memperparah kondisi mereka. Melalui telepon dengan jago kesehatan hewan, tanyakan langkah pencegahan yang diharapkan sebelum membawa ke klinik atau rumah sakit tersebut.

Pada beberapa kasus, kucing dimungkinkan Keracunan zat mengandung asam korosif sehingga memaksa binatang semoga muntah, justru menambah parah kesehatan hewan.

Oleh karenanya, pastikan terlebih dulu kemungkinan besar penyebab kucing Keracunan, sebelum memberi makanan, minuman air, susu, dan materi pendorong lainnya untuk menciptakan kucing muntah.

Catatan :

Kucing peliharaan yang sudah lebih dari 2 jam menjilat atau menelan zat berbahaya, kemungkinan besar sudah tersebar pada sistem pencernaan mereka. Upaya Anda memaksa mereka muntah dengan obat pendorong muntah tidak membawa imbas besar untuknya.

Sementara, kucing yang kejang dan pingsan alasannya ialah Keracunan, juga tidak disarankan memaksa memasukkan apapun kemulut mereka.

Zat penyebab keracunan kucing jikalau berasal dari kandungan asam, basa dan petroleum, mampu melukai jalan masuk pernapasan ketika dipaksa keluar lewat mulut.

Penanganan Kucing Keracunan dengan Muntah

Beberapa masalah kucing Keracunan, jikalau Anda menerima usulan dari dokter binatang untuk memuntahkan terlebih dahulu materi berbahaya tersebut sebelum di bawa ke klinik atau rumah sakit hewan, ada beberapa cara menciptakan binatang peliharaan mampu memuntahkan sisa materi tersebut.

Cara Mendorong Kucing Memuntahkan Sisa Racun

1. Sebelum memberi materi mendorong kucing muntah, Bersihkan dulu cuilan mulut, bulu, kulit, wajah dan kawasan lain yang diduga kena materi berbahaya. Setelah yakin sudah higienis siapkan 1 sendok teh garam dan usahakan tertekan oleh kucing
2. Antisipasi perhiasan lainnya ialah memberi mereka penawaran racun yang ramah untuk hewan.
3. Beberapa cara penanganan pertama Lainnya jikalau kucing Keracunan zat basa, memberi mereka beberapa sendok air jeruk
4. Sedangkan penanganan kucing Keracunan zat asam, biasanya menggunakan 1sensok nareium bicarbonate.
5. Setelah kucing menerima pertolongan pertama untuk mencegah kerusakan yang lebih besar, segera membawa mereka ke dokter binatang untuk ditangani secara medis.

Catatan:

Pemberian makanan, air, susu dan materi lain ketika Kucing Keracunan ialah mengenali penyebabnya. Sembarangan memberi makan atau minum untuk kucing, mampu menciptakan mereka makin kritis dan beresiko tinggi sulit disembuhkan. Oleh karenanya, minta saran dokter binatang sebelum menetapkan mengambil tindakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here