Mengatasi Kucing Menggaruk Badan mampu Dicegah dengan 5 Cara Ini
Kucing memberi respon menggaruk dibagian tubuh mereka ketika gatal. Hewan peliharaan lucu yang diminati masyarakat sebagai sahabat dirumah, akan semakin menggaruk badannya kalau penyebab utama gatal belum diobati.

Kucing yang mulai berubah keseringan menggaruk tubuh balasan gatal, salah satunya mampu membuktikan kutu yang berkembangbiak di badannya.

Kutu bahagia tinggal di daerah mirip bulu atau rambut alasannya ialah sirkulasi udara yang kurang lancar sehingga menjadi lembab.

Hewan peliharaan yang Anda yakin menderita duduk perkara kutu sehingga sering menggaruk badannya, bahkan mampu hingga melukai tubuh dan menjadikan bulu menjadi rontok saking gemesnya rasa gatal menyerang mereka.

Cara mengatasi kucing kutuan, pemilik binatang peliharaan mampu menggunakan 5 tip sederhana ini, seperti:

Memandikan kucing dengan rutin
Bersihkan tubuh kucing dengan materi tambahan
Rajin menyisir bulu kucing
Batasi kebiasaan bermain di luar
Menggunakan obat anti kutu

Memandikan kucing dengan rutin

Mandi salah satu cara makhluk hidup membersihkan tubuh dari kotoran yang melekat usai melaksanakan acara seharian. Hewan kucing juga perlu Anda mandikan di waktu tertentu, meski kucing salah satu binatang yang berakal menjaga kebersihan tubuhnya.

Kucing bahagia menjilati tubuh untuk membersihkan tubuh kalau merasa kotor, namun mereka mampu lebih higienis dan tidak mengeluarkan aroma menyengat, ketika Anda memandikan mereka.

Memandikan kucing untuk menghilangkan kutu harus menggunakan materi embel-embel lain, contohnya sampo khusus kucing yang spesifik bermanfaat mencegah dan membersihkan kutu di tubuh mereka.

Bersihkan tubuh kucing dengan materi tambahan

Cara menghilangkan kutu yang melekat di tubuh kucing, akan lebih sulit kalau tidak menerima pemberian materi lain mirip sampo anti kutu.

Pemilik kucing yang kehabisan sampo anti kutu atau belum sempat membeli di pet shop, toko supplier kebutuhan hewan, mampu menggunakan alternatif lain sebagai materi pengganti sementara, yaitu menggunakan air garam.

Cara pemakaian air garam untuk menghilangkan kutu kucing dengan ukuran sekitar satu bejana ukuran sedang yang diisi air hangat, dicampur dengan satu sendok makan garam.

Jika air yang diharapkan kucing ketika dimandikan semakin banyak, pemakaian garam di air harus disesuaikan.

Manfaat menggunakan air garam ketika memandikan kucing yang kutuan, berdasarkan penelitian sangat baik untuk menghilangkan kutu, telur dan larva yang berada di tubuh hewan.

Rajin menyisir bulu kucing

Menyisir bulu kucing bukan sekedar mengikuti animo kekinian, namun pemilik yang punya kebiasaan menyisir bulu kucing secara rutin dan sesuai anjuran, keuntungannya akan menyuburkan, menyehatkan sehingga tampilan mantel bulu kucing tidak kusut dan lembut.

BACA JUGA:  Tips Membuat Kucing Lebih Ceria di Rumah!

Kucing yang kutuan perlu juga disisir dengan sisir khusus untuk hewan, kelebihan yang diperoleh kucing yang dirawat dengan grooming yang tepat, menciptakan kotoran, bulu rontok yang tertinggal di badan, kutu mampu dicegah lebih awal.

Batasi kebiasaan kucing bermain di luar

Sering kucing dibiarkan berkeliaran semau mereka tanpa diperhatikan lingkungannya. Saat kucing main di daerah kotor dan berbau, ketika mereka pulang akan membawa aroma tidak sedap dan kotoran yang melekat ke dalam ruangan dan rumah Anda.

Cara membatasi kucing semoga tidak terlalu sering bermain di luar, tidak mampu hanya sekedar dikandangkan seharian, pemilik binatang peliharaan mampu meluangkan waktu dengan kucing untuk bermain bersama. Pilih jenis permainan yang banyak disukai kucing mirip lempar bola, menerkam sinar senter dalam ruangan gelap, menjangkau bola yang digantung dan ragam permainan lainnya untuk kucing.

Menggunakan obat anti kutu
Cara yang efektif lain untuk menghilangkan kutu di tubuh kucing ialah dengan obat anti kutu. Obat anti kutu khusus binatang ada yang digunakan dengan cara bercampur air dan ada yang mampu dioleskan pribadi atau disemprotkan secara langsung.

Obat anti kutu mampu Anda peroleh di pet shop, klinik hewan, rumah sakit hewan, apotik binatang dan toko yang menyediakan kebutuhan untuk binatang peliharaan.

Pemilik kucing ketika ingin menggunakan obat semprot anti kutu untuk binatang peliharaan, perlu membaca hukum pakai yang tertera pada label dan kemasan merek. Jika Anda kurang yakin cara pemakaiannya, tanyakan pribadi kepada petugas penjualnya, kira-kira obat anti kutu tersebut mampu digunakan untuk semua jenis kucing atau kucing tertentu, usia yang diperbolehkan dan informasi lainnya yang diharapkan Anda.

Umumnya, produk perawatan medis yang dijual bebas mirip obat pencegah kutu ini ada hukum pakainya, mirip usia minimal anak kucing sudah satu tahun lebih.

Saat menyemprotkan obat anti kutu juga perlu kehati-hatian. Hindari dan cegah obat ini mengenai mata, belahan telinga.

Cara mencegah dan menghilangkan kutu yang terdapat di kucing kalau jumlah sudah sangat banyak, disarankan segera membawa binatang peliharaan ke dokter binatang atau klinik binatang untuk ditangani secara medis.

Hewan kucing yang kutuan, mampu menularkan kutu kepada binatang yang lain dan melekat di daerah yang ditinggali mereka, yaitu rumah Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here